INFORMASI REKRUTMEN Peserta Program Ulama Perempuan Angkatan-4 Wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah Bag. Selatan

17 Apr 2013 Rahima
1174 times

Istilah “ulama“ merupakan sosok yang sangat strategis dalam Islam.  Salah satu hadis mengatakan “al-‘ulama ‘waratsah al-anbiya’ (ulama merupakan pewaris para Nabi)”. Ulama mempunyai tempat yang mulia setelah Nabi, sehingga sangat wajar apabila posisi mereka dihormati, perintahnya ditaati, dan fatwanya menjadi rujukan dalam berbagai masalah baik masalah ibadah maupun masalah kehidupan sehari-hari. Signifikansi peran ulama dalam Islam terletak pada kenyataan bahwa mereka dipandang sebagai penafsir yang sah dari sumber ajaran Islam yakni Alquran dan hadis. Selain memiliki pengetahuan  agama yang mendalam dan ketinggian akhlak, para ulama bergerak pada berbagai kegiatan sosial.

Posisi penting ulama di atas masih kurang diperankan oleh perempuan, meski kriteria tersebut banyak dimiliki oleh perempuan-perempuan. Begitu pula di Indonesia. Dalam kenyataannya, sangat sedikit perempuan yang muncul dan bisa mengekspresikan diri, sehingga ulama perempuan terus terpinggirkan dan bahkan semakin mengalami kelangkaan. Untuk alasan itu, sejak tahun 2005 Rahima menginisiasi sebuah program yang dinamakan Pengkaderan Ulama Perempuan (PUP). Secara khusus Program ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas  ulama perempuan, baik dari perspektif kepedulian sosial dan keberpihakan pada kaum tertindas (lemah) terutama perempuan, maupun metode pembacaan khazanah keislaman klasik melalui sebuah serial pelatihan yang dilakukan di dalam dan luar kelas. Hingga tahun 2012 lalu, program Rahima ini telah menghasilkan sekitar 75 Ulama Perempuan dari tiga angkatan di tiga Wilayah yaitu: Jawa Barat (termasuk Banten dan DKI Jakarta), Jawa Timur meliputi pulau Madura, dan Jawa Tengah. Para alumni yang tersebar di beberapa kabupaten tersebut aktif di berbagai kegiatan seperti: Pesantren, Majlis Taklim, Lembaga Social Masyarakat, dan Organisasi-organisasi lain untuk berikhtiar membantu menebarkan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin.

Di tahun 2013  ini, Rahima akan memulai lagi kegiatan PUP  angkatan ke IV yang pesertanya diharapkan berasal dari wilayah Jawa Tengah bagian Selatan dan DI Yogyakarta, meliputi: DI Yogyakarta, Purwokerto, Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Temanggung, Magelang, Solo, Sukoharjo, Boyolali, Klaten dan Salatiga. Sebelum memulai kegiatan tersebut ada beberapa tahapan yang akan dilakukan oleh Rahima, yaitu: Pertama, perekruitan (pencarian) calon-calon peserta pelatihan pengkaderan ulama perempuan yang berasal dari 13 wilayah di atas(mulai  22 April sampai 10 Mei 2013). Kedua, halaqah tentang ”Ulama Perempuan untuk Kemaslahatan Manusia” sebagai sarana untuk melakukan penjaringan peserta Ulama Perempuan. Halaqah ini akan dilaksanakan satu hari di Yogyakarta antara  20 - 23 Mei 2013. Ketiga, dari proses halaqoh tersebut, Panitia akan memutuskan 30 peserta yang akan mengikuti program PUP ke IV. Pengumuman peserta yang lulus seleksi (secara tertutup) dilakukan pada 30 Mei 2013. Keempat, delapan serial tadarus atau pendidikan Ulama Perempuan yang akan dilakukan di dalam dan di luar kelas selama satu tahun lebih dengan jarak antara tadarus satu dengan lainnya maksimal dua bulan.

Adapun materi Tadarus, sebagai berikut:
-    Tadarus Pertama membahas tema ”Islam, Kesetaraan dan Keadilan Laki-laki dan Perempuan dan Kesehatan Reproduksi”
-    Tadarus Kedua membahas tema “Kesetaraan dan Keadilan Laki-laki dan Perempuan dalam Alqur’an dan Tafsir”
-    Tadarus Ketiga membahas tema “Kesetaraan dan Keadilan Laki-laki dan Perempuan dalam Hadis dan Ulumul Hadis”
-    Tadarus Keempat membahas tema “Kesetaraan dan Keadilan Laki-laki dan Perempuan dalam Fiqh dan Usul Fiqh”
-    Tadarus Kelima membahas tema “Islam, Perubahan Sosial  dan Globalisasi”
-    Tadarus Keenam membahas tema ”Metodologi Istinbatul Ahkam dan Bahtsul Masa’il”
-    Tadarus Ketujuh membahas tema “Pengorganisasian Masyarakat dan Advokasi Sosial”
-    Tadarus kedelapan membahas tema “Keragaman dan Kepemimpinan Perempuan”

Kelima, Kegiatan di luar kelas berupa Rencana Tindak lanjut/ Amanah yang harus dilakukan oleh setiap peserta di setiap tadarusnya.

Tahap pertama program Ulama Perempuan Angkatan ke-IV ini adalah perekrutan. Dalam perekrutan peserta ini ada beberapa kriteria atau persyaratan yang dibutuhkan yaitu:

1)    Perempuan berusia antara 20-50 tahun
2)    Bisa membaca dan menjelaskan kitab kuning
3)    Memiliki komitmen atau minat pada isu-isu sosial
4)    Mempunyai umat binaan/basis komunitas
5)    Non partisan (bukan pengurus ataupun aktifis salah satu partai politik)
6)    Sanggup untuk untuk mengikuti  serial pendidikan dari awal hingga akhir (1 tahun lebih program dengan 8 pertemuan dalam kelas@4 hari dan melaksanakan tugas-tugas RTL di lapangan).
7)    Mendapatkan rekomendasi dari  pimpinan pesantren/tokoh agama/ormas keagaan di wilayah sekitar tempat tinggalnya.


Bila Anda, rekan atau kerabat Anda  berminat untuk mengikuti program tersebut silakan segera mengirimkan surat lamaran disertai CV, nomor kontak dan dilengkapi dengan fotocopy ijazah terakhir (bila ada)  ke alamat :

Panitia Rekrutmen Pengkaderan Ulama Perempuan (PUP) Angkatan-3
Rahima, Pusat Pendidikan dan Informasi
Islam dan Hak-hak Perempuan
Jl.H.Shibi No.70 RT 07/RW 01 Kp.Sawah,
Srengseng Sawah, Jakarta Selatan
Telp. 021-78880568,78881272, Fax.021-7873210,
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.,
Website :www.rahima.or.id


Berkas diharapkan telah dapat diterima oleh panitia mulai tanggal 20 April sampai 10 Mei 2013 (cap pos). Peserta yang telah mengirimkan kelengkapan berkasnya, akan dihubungi oleh panitia melalui alamat surat, email, maupun nomor kontak (HP)-nya untuk kemudian ditindaklanjuti dengan undangan mengikuti proses selanjutnya. {}



Last modified on Thursday, 17 August 2017 14:48
Rate this item
(0 votes)