Selamat datang di website Rahima, berikut ini adalah kegiatan kami

Pekan lalu, RAHIMA baru saja melakukan kegiatan Needs Assessment dalam rangka pencegahanan dan penanganan kekerasan berbasis gender melalui pelibatan tokoh agama, penghulu, penyuluh agama, dan konselor BP4 di lingkungan Kantor Urusan Agama dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten di wilayah Gunung Kidul dan Kulon Progo.

Di dua kabupaten yang berada di wilayah DI Yogyakarta ini, Rahima bersama RIFKA ANNISA mengadakan FGD bersama para tokoh agama di dua kecamatan: Kec. Saptohari, Gunung Kidul dan Kec. Pengasih, Kulon Progo. Selain FGD, Rahima juga melakukan wawancara dengan sejumlah pimpinan ormas keagamaan di dua kecamatan tersebut seperti Muhammadiyah, NU, MUI, BP4 Kecamatan, Kepala KUA, Aisyiah.

Selain di tingkat kecamatan, Rahima juga banyak berdiskusi dengan sejumlah pemangku kebijakan strategis di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten seperti Kepala Kandepag, Kasie Bimas Islam, Ketua BP4 Kabupaten. Di samping itu, Rahima juga banyak mendengar masukan dari sejumlah kepala KUA dari dua kabupaten melalui forum diskusi bersama.

Melalu wawancara maupun diskusi, Rahima mendapat berbagai informasi tentang situasi dan kondisi yang terjadi di dua kabupaten tersebut, dan juga secara khusus di dua kecamatan, Saptohari dan Pengasih.  Dalam proses kegiatan Needs Assesment ini, upaya pencegahan dan penanganan kasus kekerasan berbasis gender mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, khususnya Kepala Kandepag Gunung Kidul dan Kulon Progo.

Kegiatan Needs Assessment ini berlangsung pada tanggal 17-21 Oktober 2016. Khusus di tingkat kecamatan, Rahima yang diwakili oleh AD Eridani dan Mawardi bekerjasama dengan tim RIFKA ANNISA yang begitu hebat sehingga kegiatan Needs Assessment ini dapat berjalan dengan baik. Tim RIFKA ANNISA diwakili oleh Nurmawati, Syahroni, Asih Nuryanti, dan Rohim. Selain mereka itu, RAHIMA juga mendapat masukan berharga dari Thontowi dari RIFKA ANNISA yang menyempatkan diri untuk berdiskusi bersama RAHIMA di Gunung Kidul.

Penasaran dengan hasil Needs Assessment ini dan seperti apa tindak lanjut ke depannya? Sabar menanti yah!*

Published in Berita